Bekam Steril

Bekam Steril adalah teknologi Blood Detox (pembuangan toksin dalam darah) dengan menggunakan alat vacuum cupping melalui prosedur yang steril, bersih, dan antisepsis.

Prosedur tata laksana dalam bekam steril antara lain:

  1. Mempersiapkan alat dan bahan dalam kondisi steril. Peralatan seperti Kop bekam dibersihkan dengan melakukan sterilisasi dalam alat sterilisator, adapun bahan seperti kasa dan kapas juga telah disterilisasi terlebih dahulu.
  2. Diagnosa kondisi sahabat bekam berdasarkan keluhan yang dirasakan, status tekanan darah, kimiawi darah dan hasil pemeriksaan medis lainnya dari pendapat dokter atau laboratorium, kemudian terapis menentukan teknik bekam pada titik – titik bekam yang sesuai dengan diagnosa.
  3. Terapis membimbing sahabat bekam untuk berdo’a dan membangun niat melaksanakan ibadah sunnah berbekam untuk meraih kesembuhan sejati dari sisi Allah Azza wa Jalla.
  4. Antisepsis bagian permukaan kulit sesuai dengan lokasi titik bekam yang akan diterapi menggunakan cairan antiseptik.
  5. Vacuum Cupping atau pengekopan awal pada titik bekam selama beberapa menit. Tindakan ini bertujuan untuk mengangkat jaringan ikat, mengumpulkan toksin atau oksidan dalam darah di sekitar titik serta menekan sistem saraf tepi sementara pada permukaan kulit sehingga memberikan efek anti nyeri atau sakit.
  6. Penusukan kulit menggunakan jarum bekam dengan kedalaman 0,04 milimeter, bertujuan untuk membuka jalur bagi pengeluaran darah kotor
  7. Vacuum Cupping / pengekopan kembali untuk menyedot keluar toksin atau oksidan bersama darah kotor. Dilakukan pengulangan seperlunya hingga darah kotor berhenti mengalir.
  8. Pembersihan darah menggunakan kasa dan kapas steril.
  9. Penutupan bekas tusukan menggunakan cairan antiseptik dan minyak herbal untuk mempercepat proses regenerasi sel di sekitar bekas tusukan.
  10. Lazimnya teknik bekam steril yang benar tidak meninggalkan bekas tusukan dan bekas pengekopan pada kulit, jadi hasil akhirnya bersih dan steril.
Advertisements